METHODOLOGY OF THE QUR'AN AND ITS TAFSIR BY THE MINISTRY OF RELIGION AFFAIRS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA

  • Nani Ferdiani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasani Ahmad Said Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: al-Qur'an dan its Interpretation, Methodology, RI Ministry of Religion

Abstract

Artikel ini memaparkan tentang metododlogi kitab al-Qur’an dan Tafsirnya karya Kemenag RI. Dilatarbelakangi oleh pernyataan bahwa bagi sebagian orang Indonesia memahami al-Qur’an dalam bahasa aslinya merupakan sesuatu yang tidak mudah. Maka dalam hal ini Departemen Agama RI menghadirkan sebuah terjemahan dan penafsiran dalam bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu library research dengan analisi deskriptif. Peneliti menemukan bahwa metode yang digunakan dalam kitab al-Qur’an dan Tafsirnya yaitu membagi ayat-ayat dalam satu surah menjadi beberapa kelompok ayat, menentukan topik pada setiap kelompok ayat sebagai tema utama, menentukan sub-sub tema untuk mengurai penafsiran suatu kelompok ayat, yakni terjemah, kosakata, munasabah, asbÄb al-nuzÅ«l, tafsir, kesimpulan, dan penutup serta menguraikan penafsiran setiap sub-sub tema yang telah disusun secara komprehensif. Metode/sumber tafsir yang digunakan Tafsir Kemenag yaitu metode penafsiran bi al-ma’ṡūr (periwayatan). Metode Penafsirannya menggunakan metode taḥlÄ«lÄ«. Corak penafsirannya adalah corak hidÄ’ī dan corak Ê»Ilmi.

Kata kunci: Kemenag RI, Metodologi, al-Qur’an dan Tafsirnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI. al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Waidya Cahaya, 2011.
Departemen Agama RI. Mukadimah al-Qur’an dan tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya, 2011.
Faqihudin, Ahmad. “Kedudukan dan Fungsi Kaidah Tafsir dalam Penafsiran al-Qur’an.” Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. vol. 1, no. 1 (Maret 2021): 88-94.
Al-Qur’an Kemenag in Ms. Word, Terjemah Kemenag RI 2019.
Rhaien, M. Ainur dan Khotib. Kaidah Tafsir. Jember: CV Pustaka Abadi, 2017.
Salim dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. 5. Bandung: Citapustaka Media, 2012.
Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir. cet. IV. Tangerang: Lentera Hati, 2019.
SN, Sudirman. “al-Qur’ān al-Karīm wa Tafsīruhū (Edisi Yang Disempurnakan) Karya Departemen Agama RI (Suatu Kajian Metodologi).” (Tesis S2., UIN Alauddin Makassar, 2016).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, cet. 19. Bandung: Alfabeta, 2013.
Umamik, Moh. Istikromul. “Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan) Karya Tim Kementerian Agama Republik Indonesia: Tinjauan Epistemologi.” (Tesis S2., Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019).
Wikipedia. “Mohammad Atho’ Mudzhar, 2022.” Diakses, 3 Desember, 2022’ https://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Atho%27_Mudzhar
Published
2023-06-20
How to Cite
Ferdiani, N., & Said, H. (2023, June 20). METHODOLOGY OF THE QUR’AN AND ITS TAFSIR BY THE MINISTRY OF RELIGION AFFAIRS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 20(1), 1-29. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v20i1.689.1-29